Portal Berita Indonesia

USD Berikan Kesempatan Kuliah Gratis Bagi Mahasiswa Baru, Ini Syaratnya

banner 120x600
banner 468x60

banner 325x300

Media Massa – Universitas Sanata Dharma (USD) Yogyakarta akan memberikan beasiswa kepada mahasiswa baru tahun akademik 2023/2024 melalui Program Beasiswa Cerdas Humanis. Beasiswa tersebut berupa pembebasan biaya kuliah selama empat tahun di salah satu program studi di USD.

“Program Beasiswa Cerdas Humanis ini sudah dijalankan sejak tahun 2015. Setiap tahun, kuota disesuaikan dengan kemampuan lembaga kami. Pada tahun ini, kami membuka untuk 13 Program Studi dengan total kuota 145 calon mahasiswa. Jumlah ini lebih banyak dibanding tahun-tahun sebelumnya,” kata Kepala Humas USD, Antonius Febri Harsanto dalam keterangannya di Yogyakarta, Kamis (12/1/2023).

Anton menambahkan penjaringan beasiswa ini diselenggarakan melalui Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) yang dikelola oleh Biro Administrasi Akademik USD. Pendampingan, monitoring, dan evaluasi dijalankan oleh Lembaga Kesejahteraan Mahasiswa USD. Penerima beasiswa diprioritaskan bagi calon mahasiswa yang memiliki keterbatasan finansial, namun memiliki motivasi dan prestasi akademik yang baik.

“Beasiswa Cerdas dan Humanis adalah bentuk sumbangsih Universitas Sanata Dharma untuk memberikan kesempatan kuliah bagi lulusan SMA/SMK yang kurang mampu,” tutur Anton. 

Sementara itu, Kepala Lembaga Kesejahteraan Mahasiswa USD, Yohanes Sarju, SJ menyampaikan bahwa beasiswa yang diberikan mencakup hampir semua komponen yang ada dalam biaya perkuliahan,

“Para penerima beasiswa ini hanya dibebankan untuk membayar biaya layanan kesehatan di poliklinik kampus sebesar Rp35.000 per semester,” tuturnya.

 

Sejak program beasiswa ini dijalankan pada 2015 lalu, imbuh Sarju, jumlah rata-rata penerima Beasiswa Cerdas Humanis adalah sebanyak 30 mahasiswa setiap tahunnya. 

”Program Beasiswa Cerdas Humanis ini telah memberikan banyak manfaat bagi mahasiswa kurang mampu. Sejak tahun pertama diluncurkan, program beasiswa ini sudah meluluskan kurang lebih 125 mahasiswa,” tambahnya. 

Pilihan Program Studi 

Terdapat 13 Program Studi yang dapat dipilih mahasiswa saat mendaftar Beasiswa Cerdas Humanis, yaitu D-3 Mekatronika (kuota: 15 mahasiswa baru) Pendidikan Ekonomi BKK Pendidikan Akuntansi (kuota: 15) Pendidikan Ekonomi BKK Pendidikan Ekonomi (kuota: 15) Pendidikan Fisika (kuota: 15) Pendidikan Kimia (kuota: 15) Pendidikan Sejarah (kuota: 15) Sejarah (kuota: 15) Teknik Elektro (kuota: 15) Pendidikan Biologi (kuota: 5) Pendidikan Matematika (kuota: 5) Pendidikan Bahasa Inggris (kuota: 5) Matematika (kuota: 5) Ekonomi (kuota: 5)

Syarat Pendaftaran 

Bagi Anda yang berminat mendaftar Beasiswa Cerdas Humanis, berikut syarat-syarat yang harus dipenuhi: 

  1. Berada pada kelas XII SMA/ SMK Ranking 10 besar SMA/ SMK yang dibuktikan dengan nilai rapor atau surat keterangan kepala sekolah bila tidak memiliki keterangan ranking di rapor 

  2. Memiliki motivasi tinggi untuk belajar 

  3. Berperilaku dan berkarakter baik 

  4. Aktif di sekolah dan lingkungan masyarakat 

  5. Memiliki jiwa kepemimpinan yang baik 

  6. Kondisi perekonomian keluarga tidak mampu untuk membiayai kuliah.

Alur pendaftaran Beasiswa Cerdas Humanis 

Berikut alur pendaftaran yang ditetapkan USD dalam pembukaan Beasiswa Cerdas Humanis, yakni: 

  1. Meminta surat rekomendasi dari kepala sekolah atau tokoh agama (pastor paroki, pimpinan jemaat).

  2. Menyiapkan berkas-berkas yang diperlukan, seperti tertera pada tautan ini: pendaftaran Beasiswa Cerdas Humanis 

  3. Membeli formulir untuk mendapatkan kode pembayaran atau PIN. Pembelian bisa secara online lewat Mandirii, CIMB, dan BRI Pendaftaran melalui https://pmb.usd.ac.id/posv

  4. Mengunggah berkas-berkas yang disyaratkan Ikut tes pada 2 atau 3 April 2023 Pengumuman dapat dilihat di situs resmi https://pmb.usd.ac.id

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *