Portal Berita Indonesia
News  

Peraih Medali Worldskills Hengky Sanjaya Raih Summa Cum Laude di BINUS International

banner 120x600
banner 468x60

Media Massa – Menjadi mahasiswa yang berhasil meraih prestasi yang gemilang baik secara akademik maupun non akademik merupakan dambaan bagi setiap orang.

Di universitas, Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) menjelaskan bahwa nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) akhir seorang mahasiswa yang tinggi dan memenuhi persyaratan kampus, akan memperoleh 3 tingkatan predikat Cum Laude atau predikat dengan pujian, yakni Cum Laude, Magna Cum Laude dan Summa Cum Laude.

Sementara predikat tertinggi dari Cum Laude adalah Summa Cum Laude yang akan disandang oleh para mahasiswa dengan nilai IPK akhir di atas 3,99 atau atau sempurna yakni 4,00.

banner 325x300

Pemegang predikat Summa Cum Laude mempunyai nilai yang sempurna pada setiap mata kuliah, lulus tepat waktu serta tidak pernah gagal dalam mata kuliah.

Tidak heran jika predikat Summa Cum Laude menjadi dambaan bagi setiap mahasiswa.

Salah satu mahasiswa berprestasi penyandang predikat Summa Cum Laude adalah Hengky Sanjaya yang merupakan peraih medali perak dalam ajang WorldSkills Competition yang diselenggarakan di Kazan Rusia pada Agustus 2019 lalu.

Kompetisi yang diselenggarakan oleh WorldSkills ini diketahui diadakan setiap dua tahun sekali, dan pada penyelenggaraan WorldSkills ke-45 di Kazan kemarin diikuti oleh 1.354 profesional muda dari 63 negara dan wilayah.

Terdapat 56 keterampilan di berbagai industri yang dilombakan, namun secara garis besar keterampilan yang dikompetisikan dalam WorldSkills Competition meliputi Construction and Building Technology, Creative Arts and Fashion, Information and Communication Technology, Manufacturing and Engineering Technology, Social and Personal Services dan Transportation and Logistics.

Dalam kemenangannya di ajang Worldskills Competition Kazan 2019 ini, Hengky Sanjaya sempat mendapat kesempatan undangan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, di Istana Merdeka tanggal 14 Agustus 2019.

Tak hanya itu saja, Hengky Sanjaya juga meraih berbagai prestasi tingkat nasional dan internasional yang lain diantaranya adalah Lomba Kompetisi Siswa Nasional tahun 2017, meraih medali emas di ASEAN Skills Competition (ASC) Thailand 2018, WorldSkills Asia Abu Dhabi 2018.

Pria kelahiran Pontianak, Kalimantan Barat ini mengaku bahwa ia berlatih dengan keras setiap harinya selama 8 bulan ketika akan berangkat untuk bertanding ke ajang Worldskills Competition Kazan 2019.

Hengky sempat down dan terkejut lantaran yang ia latih selama ini ternyata ada yang tidak boleh digunakan dan ada hal baru yang belum pernah ia coba.

Namun, ia terus mencari solusi hingga akhirnya berhasil menyabet medali perak dalam ajang tersebut.

Disamping prestasinya di bidang non-akademik yang gemilang tersebut, Hengky Sanjaya tidak melupakan pembelajaran mata kuliahnya di kampus.

Hengky Sanjaya yang merupakan mahasiswa program Computer Science di BINUS Internasional berhasil lulus pada tahun ini dan berhasil menjadi lulusan peraih IPK terbaik dengan predikat Summa Cum Laude.

Tahun ini, BINUS University berhasil meluluskan kurang lebih 5.887 wisudawan dan wisudawati dari berbagai jenjang yang berbeda mulai dari D4, S1, Profesi, S2, dan S3.

Perguruan Tinggi BINUS dikenal sebagai salah satu universitas di Indonesia dengan mutu dan kualitas terbaik serta memiliki program Internasional.

Program tersebut menawarkan para mahasiswa dan mahasiswi untuk tetap melanjutkan masa studi kuliah di Indonesia dengan kurikulum Internasional tanpa harus pergi ke luar negeri.

Prestasi yang diraih oleh Hengky Sanjaya ini, membuktikan bahwa BINUS berkontribusi untuk memajukan Indonesia yang lebih unggul dengan mencetak lulusan yang dapat bersaing baik di nasional maupun internasional dan menjadikan BINUS termasuk dalam top perguruan tinggi terbaik.

“BINUS International adalah universitas terbaik buat saya. Komunitas internasional menjadikan kesempatan saya untuk mendapatkan banyak slogan di level internasional. Terakhir, saya ingin menjadi orang yang bisa memberikan dampak positif bagi Indonesia.” Ungkap Hengky Sanjaya.

banner 325x300
Penulis: OkadaEditor: Media Massa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *