Portal Berita Indonesia

PDIP Usung Ganjar Pranowo Sebagai Calon Presiden

banner 120x600
banner 468x60
Mediamassa.co.id – Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri secara resmi mengumumkan bahwa Ganjar Pranowo akan diusung sebagai calon presiden oleh partainya dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Pengumuman tersebut disampaikan langsung oleh Megawati di kediaman Bung Karno di Batu Tulis, Bogor pada hari Jumat (21/4). Presiden Joko Widodo juga hadir dalam pengumuman tersebut, setelah sehari sebelumnya bersiap untuk perayaan lebaran di Solo.

“Pada jam 13.45 WIB, dengan mengucap bismillah, saya menetapkan Ganjar Pranowo sebagai kader dan petugas partai, dan meningkatkan jabatan sebagai calon presiden,” ujar Megawati.

Megawati menambahkan bahwa penetapan ini telah dilakukan melalui beberapa dialog dengan petinggi partai dan tokoh-tokoh partai, termasuk Presiden Joko Widodo. Pengumuman ini juga merupakan harapan rakyat yang disampaikan kepadanya.

banner 325x300

“Demikianlah pengumuman ini disampaikan pada Hari Kartini yang ditetapkan oleh Bung Karno,” tambahnya.

Menurut Undang-Undang Pemilu, PDIP adalah satu-satunya partai di parlemen saat ini yang bisa mencalonkan calonnya sendiri tanpa bergabung dalam koalisi. Meskipun demikian, jajaran PDIP yang dipimpin oleh Ketua DPP PDIP Puan Maharani (anak dari Megawati) dan Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto telah melakukan serangkaian komunikasi politik dengan sejumlah partai politik terkait kemungkinan berkoalisi.

Pada awal Maret, Ketua DPP PDIP Said Abdullah mengatakan bahwa lobi-lobi gencar dilakukan oleh Ketua DPP Puan Maharani dan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dengan para ketua umum partai politik lainnya.

“Kami biasanya melakukan intensitas komunikasi tersebut dalam forum lobi-lobi atau pertemuan pribadi dengan para ketua umum,” ucap Said di kompleks parlemen, Jakarta, Selasa (4/3).

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *